Pencegahan Nyamuk Demam Berdarah Sekarang

Musim hujan seperti sekarang ini merupakan iklim yang sangat kondusif bagi perkembang biakan nyamuk, di tambah lagi dengan pola hidup kita yang jauh dari pola hidup sehat. Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). DBD disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypty. Nyamuk ini tidaklah sesahabat namanya, sekali gigit kita bisa langsung tertular DBD. Nyamuk demam berdarah Aedes Aegypt memiliki ciri bergaris belang hitam putih pada tubuhnya (bukan merah putih lho..), dan menggigit pada waktu pagi dan sore hari, kadang kala siang juga……Satu nyamuk dapat menjangkit lebih dari satu orang dalam waktu singkat, dan celakanya kita dapat terjangkit DBD lebih dari satu kali.


Gejala Demam Berdarah

Keluhan dan gejala yang sering dialami oleh penderita Demam Berdarah yaitu:

1. Bintik Merah, Seringkali di awal demam, tidak ada bintik merah. Ada beberapa kasus juga yang memang tanpa bintik merah.
2. Panas Tinggi, Panas bisa turun naik, bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
3. Menggigil dan terasa ngilu tulang, Perasaan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang.
4. Buang Air Besar berwarna hitam dan keras, Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah
5. Trombosit mulai turun, Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium.
6. Sakit saat mata memandang ke samping, Beberapa teman mengalami ini, terasa sakit jika melirik ke samping kiri dan kanan.
7. Tengkuk sakit, Terkadang juga, terjadi pembengkakan di tengkuk dan terasa sakit
8. Rasa sakit kepala yang parah, khususnya dirasakan di daerah belakang mata, pilek dan flu
9. Radang pada persendian
10. Hilang nafsu makan, mual, muntah, dan diare
11. Letih, lemah, lesu
12. Pada penderita yang sudah parah biasanya menyebabkan pendarahanpada mulut dan hidung

Sesudah masa tunas / inkubasi yang berlangsung selama 3 – 15 hari, orang yang tertular dapat mengalami/menderita penyakit ini dalam salah satu dari 4 bentuk berikut ini, yaitu:

* Bentuk abortif, penderita tidak merasakan suatu gejala apapun.
* Dengue klasik, penderita mengalami demam tinggi selama 4 – 7 hari, nyeri-nyeri pada tulang, diikuti dengan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak perdarahan di bawah kulit.
* Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue/DBD) gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan perdarahan dari hidung, mulut, dubur dsb.
* Dengue Syok Sindrom, gejalanya sama dengan DBD ditambah dengan syok / presyok pada bentuk ini sering terjadi kematian.

Karena seringnya terjadi perdarahan dan syok maka pada penyakit ini angka kematiannya cukup tinggi, oleh karena itu setiap Penderita yang diduga menderita Penyakit Demam Berdarah dalam tingkat yang manapun harus segera dibawa ke dokter atau Rumah Sakit, mengingat sewaktu-waktu dapat mengalami syok/ kematian.

Cara Pencegahan DBD

Pencegahan dilakukan dengan menggunakan hit obat nyamuk demam berdarah untuk  MENGHINDARI GIGITAN NYAMUK di sepanjang siang hari (pagi sampai sore) karena nyamuk aedes aktif di siang hari (bukan malam hari). Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan menghindari berada di lokasi-lokasi yang banyak nyamuknya di siang hari, terutama di daerah yang ada penderita DBD nya. Bila memang sangat perlu untuk berada di tempat tersebut KENAKAN PAKAIAN YANG LEBIH TERTUTUP, celana panjang dan kemeja lengan panjang misalnya. GUNAKAN CAIRAN/KRIM ANTI NYAMUK (MOSQUITO REPELLANT) yang banyak dijual di toko-toko, pada bagian badan yang tidak tertutup pakaian.
Awasi lingkungan di dalam rumah dan di halaman rumah. Buang atau timbun benda-benda tak berguna yang menampung air, atau simpan sedemikian rupa sehingga tidak menampung air. Taburkan serbuk abate (yang dapat dibeli di apotik) pada bak mandi dan tempat penampung air lainnya, juga pada parit/ selokan di dalam dan di sekitar rumah, terutama bila selokan itu airnya tidak/ kurang mengalir. Kolam / akuarium jangan dibiarkan kosong tanpa ikan, isilah dengan ikan pemakan jentik nyamuk. Semprotlah bagian-bagian rumah dan halaman yang merupakan tempat berkeliarannya nyamuk, dengan obat semprot nyamuk (yang banyak dijual di toko-toko hit anti nyamuk) BILA TAMPAK NYAMUK BERKELIARAN DI PAGI / SIANG / SORE HARI.

Bila ada salah seorang penghuni yang positif atau diduga menderita DBD, segera semprotlah seluruh bagian rumah dan halaman dengan obat semprot nyamuk di pagi, siang dan sore hari, sekalipun penderita tersebut sudah dirawat di rumah sakit. Hubungi PUSKESMAS setempat untuk meminta fogging di rumah-rumah di lingkungan setempat.

Pencegahan secara massal di lingkungan setempat dengan bekerja sama dengan RT/RW/Kelurahan dengan PUSKESMAS setempat dilakukan dengan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN), Fogging, atau memutuskan mata rantai pembiakan Aedes aegypti dengan Abatisasi.
http://depokblogreview.blogspot.com/2016/03/cegah-wabah-penyakit-demam-berdarah.html
http://forums.formz.com/index.php?/user/18207-nangnan/
https://groups.io/profile/nangnan
http://www.sbnation.com/users/nangnandepok/
http://www.dailykos.com/user/nangnan
https://www.scribd.com/user/313283762/nangnan
https://www.scribd.com/doc/306402805/Cegah-Demam-Berdarah-Dengan-Hit-Obat-Nyamuk
https://audioboom.com/nangnandepok
http://www.chordie.com/forum/profile.php?id=827042
http://www.chordie.com/forum/viewtopic.php?id=29480
http://www.thewebblend.com/users/119582/nangnan/

Written by Masihakudisini

Masih Aku Disini adalah blog untuk berkompetisi dalam kontes SEO (Search Engine Optimization), Untuk teman-teman yang berminat memiliki keterampilan dalam Teknik SEO Terbaik ini bisa mengikutinya di Kursus SEO Dumet School Jakarta maupun Di Depok

1 komentar:

  1. Min mohon informasi nya ya apa benar jika kita terkena penyakit demam berdarah maka harus banyak mengkonsumsi jus jambu dan juga susu murni? Mohon informasi nya

    BalasHapus

 

© 2013 Budayaku Bukan Budayamu. All rights resevered. Designed by Templateism Kursus Website di jakarta

Back To Top